Website informasi lengkap

5 Cara Menghilangkan Kulit Wajah Belang Karena Sinar Matahari

5 Cara Menghilangkan Kulit Wajah Belang Karena Sinar Matahari
Rate this post

Bagaimana menyingkirkan bintik matahari di wajah Anda – Ada beberapa prosedur di rumah dan profesional yang dapat menghilangkan atau mengurangi munculnya bintik matahari di wajah Anda.

Perawatan di rumah

Berikut ini adalah beberapa perawatan di rumah yang dapat membantu memudarkan atau menghilangkan bintik matahari di wajah Anda:

  • Lidah buayaPenelitian telah menemukan bahwa aloesin dan aloin, yang merupakan senyawa aktif yang ditemukan pada tanaman lidah buaya, dapat meringankan bintik matahari dan hiperpigmentasi lainnya.
  • Ekstrak Licorice. Beberapa bahan aktif dalam ekstrak licorice dapat membantu meringankan bintik matahari dan perubahan warna kulit lainnya yang diperparah oleh paparan sinar matahari, seperti melasma, yang umum terjadi pada wanita hamil dan disebut sebagai “topeng kehamilan.” Banyak krim topikal untuk pemutihan bintik matahari termasuk licorice ekstrak.
  • Vitamin C. Antioksidan alami ini memiliki beberapa manfaat ketika datang ke kulit Anda dan matahari. Asam L-askorbat topikal melindungi kulit Anda dari sinar UVA dan UVB, meningkatkan produksi kolagen, dan telah terbukti efektif dalam meringankan bintik-bintik gelap.
  • Vitamin E. Diet kaya vitamin E, dan mengonsumsi suplemen vitamin E, menawarkan perlindungan terhadap kerusakan akibat sinar matahari dan dapat meningkatkan kesehatan kulit Anda, terutama ketika dikonsumsi bersama dengan vitamin C. Mengaplikasikan minyak vitamin E memberikan manfaat lebih banyak bagi kulit Anda terhadap sinar matahari. kerusakan dan dapat membantu meringankan bintik matahari.
  • Cuka sari apel. Asam asetat, yang ditemukan dalam cuka sari apel, dapat membantu mencerahkan pigmentasi kulit dan memperbaiki keseluruhan penampilan kulit Anda.
  • Teh hijau. Beberapa situs web menyarankan bahwa menerapkan kantong teh hijau pada kulit dapat membantu memudarkan bintik matahari. Meskipun tidak ada bukti ilmiah khusus tentang keefektifan kantong teh hijau, ekstrak teh hijau telah terbukti memiliki efek depigmentasi.
  • Air teh hitam. Sebuah studi tahun 2011 menemukan bahwa air teh hitam memiliki efek pencerah kulit pada bintik-bintik kecokelatan pada marmut ketika diterapkan dua kali sehari, enam hari seminggu selama empat minggu.
  • Bawang merah. Kulit bawang merah kering mengandung bahan yang bisa mencerahkan kulit, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan pada tahun 2010.
  • Jus lemon. Jus lemon telah lama digunakan sebagai obat rumah untuk mencerahkan rambut dan kulit, dan merupakan bahan umum dalam krim pencerah kulit. Sementara banyak orang akan bersumpah dengan kemampuan jus lemon untuk memudarkan bintik matahari, jus lemon bersifat asam dan dapat menyebabkan pengeringan serta mengiritasi kulit dan mata.
  • Mentega susu. Asam laktat dalam buttermilk dapat membantu meringankan bintik matahari saat diaplikasikan pada kulit.
  • Susu. Sama seperti buttermilk, susu mengandung banyak asam laktat yang dapat membantu meringankan bintik matahari. Susu asam telah terbukti efektif dalam mengobati perubahan warna kulit.
  • Madu. Penuh dengan antioksidan, madu telah digunakan dalam produk kulit selama bertahun-tahun. Hal ini diyakini dapat meningkatkan pertumbuhan sel baru dan dapat membantu memudarkan bintik matahari saat diaplikasikan pada kulit.
  • Krim yang dijual bebas. Ada banyak krim topikal yang tersedia di konter yang dapat Anda aplikasikan di rumah untuk menghilangkan bintik-bintik matahari di wajah Anda. Carilah krim yang mengandung asam glikolat, asam hidroksi, hidrokuinon, asam kojic, atau deoxyarbutin.

Perawatan profesional

Ada beberapa perawatan profesional yang tersedia yang dapat menghilangkan bintik matahari atau secara signifikan mengurangi penampilan mereka. Perawatan ini harus dilakukan oleh profesional perawatan kulit yang terlatih.

  • Laser resurfacing. Selama pelapisan ulang laser, alat mirip tongkat digunakan untuk mengirimkan berkas cahaya yang menghilangkan lapisan kulit yang rusak akibat matahari. Kulit baru kemudian bisa tumbuh di tempatnya. Laser resurfacing pada wajah dapat berlangsung mulai dari 30 menit hingga dua jam, tergantung pada berapa banyak sunspots yang dirawat. Penyembuhan biasanya membutuhkan waktu 10 hingga 21 hari.
  • Pulse light intens (IPL). IPL menggunakan pulsa energi cahaya untuk menargetkan bintik matahari pada kulit. Ia melakukan ini dengan memanaskan dan menghancurkan melanin, yang menghilangkan bintik-bintik berubah warna. Sesi IPL biasanya membutuhkan waktu kurang dari 30 menit dan menyebabkan sedikit atau tidak ada rasa sakit. Jumlah sesi yang dibutuhkan bervariasi dari orang ke orang.
  • Cryotherapy. Cryotherapy mengangkat sunspots dan lesi kulit lainnya dengan membekukannya dengan larutan nitrogen cair. Nitrous oxide dapat digunakan (bukan nitrogen cair) untuk pengobatan bintik-bintik gelap dangkal, seperti bintik matahari, karena tidak agresif dan cenderung menyebabkan lepuh. Cryotherapy hanya membutuhkan beberapa menit dan umumnya ditoleransi dengan baik.
  • Pengelupasan kimia. Prosedur ini melibatkan penerapan larutan asam pada kulit, yang menciptakan luka terkontrol yang akhirnya terkelupas, membuat jalan bagi kulit baru. Pengelupasan kimiawi dapat menyakitkan dan menyebabkan sensasi terbakar yang berlangsung beberapa menit, tetapi ini dapat diobati dengan kompres dingin dan obat nyeri over-the-counter.
  • Mikrodermabrasi. Microdermabrasion dengan lembut memindahkan lapisan terluar kulit Anda menggunakan aplikator khusus dengan ujung abrasif, diikuti dengan pengisapan untuk mengangkat kulit mati. Diperlukan waktu sekitar satu jam, menyebabkan sedikit atau tidak ada rasa sakit, dan tidak memerlukan anestesi. Kulit Anda akan menjadi merah muda dan terasa kencang setelah perawatan, tetapi ini hanya sementara.

Risiko Sunspot

Sunspots tidak berbahaya dan tidak menimbulkan risiko bagi kesehatan Anda. Mereka tidak perlu dirawat dan dokter Anda biasanya dapat mengetahui perbedaan antara sunspot dan sesuatu yang lebih serius, seperti kanker kulit, hanya dengan melihatnya.

Perawatan untuk sunspots umumnya aman, tetapi seperti halnya perawatan medis atau prosedur, selalu ada beberapa risiko. Selalu berbicara dengan dokter sebelum menggunakan perawatan rumah.

Setiap prosedur profesional harus dilakukan oleh dokter kulit bersertifikat untuk meminimalkan risiko dan memastikan hasil terbaik.

Temui dokter Anda tentang titik mana saja di kulit Anda yang mengkhawatirkan Anda, terutama tempat yang telah berubah penampilan atau:

  1. gelap
  2. tumbuh dalam ukuran
  3. memiliki asrama yang tidak teratur
  4. gatal, menyakitkan, merah, atau berdarah
  5. tidak biasa dalam warna

Mencegah bintik matahari

Anda mungkin dapat mencegah bintik matahari pada wajah Anda dengan membatasi paparan Anda terhadap sinar UVA dan UVB. Anda dapat melakukan ini dengan:

  1. menghindari matahari antara jam 10 pagi dan jam 3 sore
  2. menerapkan tabir surya sebelum pergi ke luar rumah dan mengaplikasikannya kembali setiap dua jam
  3. memilih produk rias yang mengandung tabir surya
  4. menutupi kulitmu dengan pakaian dan topi

Kesimpulan

Sunspots tidak berbahaya tetapi dapat diobati secara efektif jika Anda terganggu oleh mereka.

Bintik-bintik di kulit Anda yang gelap atau perubahan penampilan harus dievaluasi oleh dokter Anda.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading...